Tuesday, July 17, 2012

IYCE Night 2012


 Mungkin agak sedikit terlambat untuk posting ini, tapi saya rasa saya WAJIB untuk men-share rasa bangga saya terhadap pemuda/i Indonesia yang (sekali lagi) telah membuktikan bahwa Indonesia memang bangsa yang kreatif :) 

Berawal dari sebuah informasi di twitter bahwa ada event “International Young Creative Entrepreneur Night” atau yang lebih dikenal dengan IYCE Night dari British Council Indonesia, saya tertarik untuk menghadirinya (karena kebetulan memang terbuka untuk public) :).

Yang menarik dari event ini adalah malam final dari kompetisi ini dibuka untuk public. Selain itu penyajian acaranya juga tidak bertele-tele, on time, asik, menginspirasi anak muda lainnya (seperti saya contohnya) untuk terus berkarya :).

Oke saya yang ceritakan sedikit mengenai event ini :
Event ini merupakan event malam final International Young Creative Entrepreneur (IYCE) 2012 Awards yang berlokasi di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jl. Medan Merdeka Barat no 17 Jakarta Pusat. Event ini tepatnya dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Juli 2012, dimulai pada pukul 18.00 dan berakhir pada pukul 21.00.

Terdapat 20 finalis untuk memperebutkan juara dengan pembagian dua kategori, yaitu Kategori Desain & Fesyen serta Kategori Film & Interaktif yang sebelumnya telah dikarantina terlebih dahulu untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan.

Pertama saya registrasi terlebih dahulu kemudian dipersilakan untuk menikmati minuman dan makanan ringan serta menulis sesuatu di papan selamat datang. Setelah itu memasuki sesi pertama, yaitu elevator pitch oleh ke 20 finalis. Inilah saat saat dimana mereka berusaha menceritakan biz mereka hanya dalam kurun waktu satu menit. 

Setelah itu terdapat juga presentasi dari MEKAR, penampilan dari band indie pop The Banery.
Beberapa presentasi dari : 

Yoris Sebastian (pemilik OMG Consulting, juga selaku pemenang IYCE tahun 2006),

Presentasi Yoris

Wahyu Aditya (pemilik sekolah animasi HelloMotion, juga selaku pemenang IYCE tahun 2007),

Presentasi Wahyu Aditya

dan Affi Assegaf (pemilik media online Jaringan Femaledaily, juga selaku pemenang IYCE tahun 2011).

Presentasi Affi Assegaf


Selain itu terdapat juga presentasi dari Direktur Utama Femina Group Svida Alisjahbana, perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Poppy Savitri, pakar kewirausahaan Inggris Steve Taylor, serta perancang fesyen Indonesia Edward Hutabarat.

Serangkaian acara pun dilalui dan tibalah saat saat yang mendebarkan (pengumuman pemenang).

The Winner - Diana Rikasari dan Dewi Tanjung

Akhirnya Svida Alisjahbana dari Femina Group naik ke atas panggung untuk mengumumkan pemenang. Keluarlah nama Dewi Tanjung untuk kategori desain dan Diana Rikasari untuk kategori interaktif. Nantinya mereka akan berangkat ke Inggris untuk mengikuti serangkaian acara dan pelatihan yang disiapkan oleh panitia.

Selamat kepada Dewi Tanjung dan Diana Rikasari, tokoh wanita yang telah menjadi inspirasi baru terutama di industri kreatif Indonesia. :)

2 comments: