Tuesday, December 8, 2015

#CeweQuat #DatangBulan Event "Smart, High impact, and Effective in Technology

image were found here

"Smart, High impact, and Effective in Technology"
Begitulah tema dari #cewequat #datangbulan Desember kemarin. Saya memang merupakan salah satu dari alumni komunitas ini, tapi ini adalah #datangbulan perdana yang saya hadiri sebagai peserta *digetok.

Sayang sekali karena harus mengurusi beberapa urusan jadi hanya sempat mengikuti sesi kedua yang dibawakan oleh @fikhanza mengenai digital marketing.

Senang rasanya mendapatkan ilmu baru dari acara ini, apalagi dengan pembawaan @fikhanza yang energik dan ceria mampu membuat suasana jadi ikut bersemangat untuk menyimak materi yang disampaikan.

Dan berikut ini adalah apa yang saya tangkap dari pembahasan @fikhanza mengenai digital marketing....

Sekarang ini makin banyak bisnis yang mulai merambah ke digital platform. Apa-apa digital. Lowongan menjadi social media officer/specialist/strategist/dll dll pun mulai bertebaran. Brand-brand mulai melirik digital platform sebagai peluang baru dalam mempromosikan produk/jasanya. Namun ternyata bermain social media itu susah susah gampang loh. Susah karena? Karena tiap brand memiliki karakter tersendiri. Saat kita menjadi admin dari brand susu bayi, maka bahasa yang digunakan di social media juga harus menyesuaikan dengan target pasarnya. Ga mungkin kan menyapa audiens brand produk susu bayi dengan sebutan bro/sist? hahahaha...

Dalam bermain social media, content is a KING ucap gadis berkerudung hijau tersebut. Inti dari social media adalah konten nya dan tentu saja konten tersebut harus menyesuaikan karakter dari sang empunya social media seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya :P. Lalu konten seperti apa sih yang sebaiknya di share? Kira kira seperti ini penjelasan @fikhanza:

1. Happiness
    Pernah melihat teman yang hobinya mengeluh di social media? Atau marah-marah? Mengumpat? Menyindir orang lain? Bagaimana perasaan kita saat membaca status-status seperti itu? Kalau saya sih, biasanya saya skip sambil ngedumel: "kenapa sih harus marah marah terus?". Kalau kalian? Yaaaaa... silakan jawab sendiri yaaa.. hehehehe... :P
Saya setuju dengan pernyataan @fikhanza bahwa untuk mainan social media, coba dimulai dengan cara sharing the happiness things, ga usah hal yang ribet, foto bayi tersenyum aja udah bisa membawa kebahagiaan bagi sekitarnya. Bayangkan jika kita mem-posting hal yang positif, orang yang melihat postingan kita bisa terbawa energi positif dari yang kita bagikan loh.... :)

2. Positivity
    Hal hal yang positif jika sering kita share di social media juga bisa menularkan energi yang bagus bagi sang pembacanya loh. Bisa dimulai dengan mem-posting quotes atau kata kata motivasi agar pembacanya juga termotivasi, hehehhe...

3. Inspiration
    Hal menarik lain  yang bisa dijadikan bahan konten adalah inspiration. Jika kita terinspirasi akan sesuatu (acara #cewequat ini misalnya), ada baiknya jika dibagikan di social media kita supaya sang pembaca juga tertular inspirasi dari yang kita dapatkan. Bukankah menyenangkan jika bisa berbagi ilmu kepada orang lain? Dibanding berbagi keluhan dan derita.... tsaahhh... :P

@fikhanza juga menyampaikan tren dan prediksi digital marketing tahun ini dan tahun depan. Diperkirakan bahwa sekitar marketing analytics akan meningkat sebesar 60%, perusahaan akan mulai menggunakan blog dalam mempromosikan produknya, orang orang akan mulai menyukai konten video online dibanding hanya foto saja, mobile ads akan meningkat dari yang biasanya.

So, are you ready to live in digital era?

Cheers! 

My cute doodle for both of speakers. Keep inspiring!!!

No comments:

Post a Comment