Friday, August 23, 2013

Inovasi Baru 99designs.com


Newsletter from 99designs.com  :)

Mengawali hari ini, saya ingin berceloteh sedikit mengenai bisnis crowd source :)

Jaman sekarang apa apa serba online. Mulai dari komunikasi (via social media), hingga mencari uang pun juga bisa via online. Crowd source telah ada sejak lama (lupa tahun pastinya). Konsep awalnya sederhana yaitu menjadi jembatan antara client dan freelancer (bisa graphics designer, writer, photographer, etc) dalam menggarap suatu project. Salah satu crowd source yang terkenal yaitu logotournament.com dan 99designs.com, suatu web crowd source yang ide bisnis nya terletak pada pembuatan logo dikemas berupa logo contest.

Melalui web ini, klien yang membutuhkan logo dapat mengirimkan brief logo yang diinginkan dan price yang akan dia bayarkan kepada designer yang telah membuatkan logo sesuai dengan brief yang diberikan. Dalam hal ini win-win-win pun tercapai, client puas karena dapat dengan bebas memilih logo-logo yang telah dibuat oleh sejumlah desainer dalam logotournament.com, desainer puas karena akan mendapatkan bayaran atas apa yang dikerjakan (jika terpilih), dan pihak crowd source pun mendapatkan keuntungan dari setiap logo contest (berkisar 20% dari jumlah yang dibayarkan oleh client). Bagi saya ini merupakan inovasi (lama) yang cukup menarik di dunia online

Namun hari ini saya baru saja mendapatkan email dari 99designs.com mengenai inovasi  terbaru mereka di bidang crowd source bernama swiftly. Kalau biasanya crowd source berfungsi sebagai media dalam penggarapan project, swiftly berfungsi sebagai media dalam penggarapan revisi project. Hal-hal yang dilakukan kecil (dengan imbalan yang sesuai tentunya) seperti vektorisasi file, perubahan logo, atau photo retouching, namun bagi saya sangat worth it bagi designer pemula yang jam terbangnya belum terlalu tinggi dan bisa juga dilakukan oleh designer yang jam terbangnya tinggi namun tidak mempunyai terlalu banyak waktu.

Sangat menarik! Lagi lagi saya menemukan praktik dari “dream big, start small”. Swiftly adalah awal bagi 99designs.com dalam melebarkan sayapnya di dunia crowd source.
Semoga nanti akan ada inovasi-inovasi menarik lainnya yang bisa saya share disni.

Cheers!

1 comment: